Rabu, 08 April 2020

Sejarah Pemuda Pancasila



Pemuda Pancasila adalah organisasi Kemasyarakatan berbasis Massa terbesar dan paling militan di Indonesia. Pemuda Pancasila yang didirikan oleh IPKI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 28 Oktober 1959.


Fase pendiriannya di pengujung tahun 50-an ditandai dengan perjuangan politik untuk menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945, sebagaimana diamanatkan oleh Dekrit Presiden 5 Juli 1959.

Pada fase inilah karakter organisasi dan orientasi ideologi Pemuda Pancasila terbentuk. Manifestasi dari karakter organisasi dan orientasi ideologis dimaksud tersermin dari sikap dan komitmennya yang teguh untuk tetap mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara dan perekat ke Bhinneka-an bangsa.

Fase perjuangan Pemuda Pancasila di era 60-an ditandai dengan pergulatan melawan kekuatan PKI dan antek anteknya yang berupaya mengubah ideologi negara dengan paham komunis dan aktif melakukan politik devide et impera dikalangan elit dan masyarakat akar rumput.

Salah seorang pendiri HMI bahkan pernah memberikan kesaksian bahwa pada masa itu 1959 - 1966 Pemuda Pancasila dikenal sebagai salah satu organisasi yang gigih memerangi PKI dan antek-anteknya.

Fase ini bisa dikatakan sebagai era peneguhan karakter Pemuda Pancasila sebagai pengawal ideologi Pancasila.

Pemuda Pancasila berikrar memperjuangkan isi SUMPAH PEMUDA 28 oktober 1928, UUD 1945 dan ideologi Pancasila sebagai ideologi satu-satunya yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ikrar Pemuda Pancasila :
1. Bertanah Air satu, Tanah Air Indonesia.
2. Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia.
3. Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia
4. Berideologi satu, Ideologi Pancasila

Salam,
PANCASILA ABADI

PAC Bangil - PEMUDA PANCASILA

Pemuda Pancasila Bangil mengemban tugas di Ops Lilin Semeru 2020

Bangil - (31/12/2020) Sebagai kegiatan rutin tahunan Polres Kabupaten Pasuruan, Ops Lilin Semeru 2020 ini lain dari pada yang lain. Dikaren...